Jumat, 01 Agustus 2014

Tv cina merek Niko regolator selalu mati.

Kali ini dapat servisan tv cina merek Niko yg sempat bikin bingung,
Tepat seminggu setelah lebaran seorang teman membawa tv cina ketempat saya minta di service.
menurut keterangan yg punya tv tidak bisa nyala.
Seperti biasa tv ku coba nyalakan dan benar keterangan  yg punya tv kalau tv tidak nyala sama sekali alias matot(mati total).

Siapkan peralatan kerja dan tv dibongkar seperti biasanya.
pemeriksaan pertama pada bagian regolator pawer suplay.ukur sana ukur sini didapati Transistor C5552 dan C3807 dalam kondisi short dan juga puse dalam kondisi gosong pertanda ada hubungan singkat arus listrik.
lalu pergantian komponen dilakukan ,setelah pergantian selesai tv di coba dihidupkan,,,tapi apa yg terjadi ,,?..begitu tv dihidupkan puse langsung putus dan juga kedua transistor juga ikut mati..waduuuuh..!

kemudian komponen yg mati di lepas kembali, dan pencarian penyebab matinya kedua transistor tsb kembali dilakuan.
Dari pengamatan dilihat dari fisiknya semua komponen tidak ada menunjukan tanda tanda kerusakan.pasang lagi puse yg putus lalu ku coba colokan tv di hubungkan ke jaringan listrik, ukur tegangan 300volt Normal..akan tetapi begitu colokan listrik di lepas  pada  elko150uf 450v tidak menyimpan tegangan,biasanya menyimpan tegangan walau beberapa saat.begitu elko di lepas dan di cek secara manual ternyata benar elko tsb sudah tidak berpungsi alias kering.
Kemudian dilakukan lagi pergantian semua komponen yg mati untuk yg kesekian kalinya setelah itu tv kembali di coba untuk dinyalakan ,,dgn perasaan was was tv di hidupkan ,,,byaarrrr,,tv pun nyala,,alhamdulillah berhasil.

mas'ud electronic servic


mas'ud electronic servic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar